Peralatan Teknologi Informasi

I. PENDAHULUAN

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

II. Peralatan Teknologi informasi

1.    Komputer

alat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah data, memberikan informasi menggunakan program yang tersimpan di memori komputer yang bekerja secara otomatis.

a.     Hardware (perangkat keras)

Hardware adalah peralatan di system komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.

Hardware dalam PC terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu CPU (Central Processing Unit), input device, dan output device.

CPU terdiri dari beberapa komponen penting, yaitu :

  • Processor
  • Motherboard / Mainboard
  • RAM (Random Access Memory)
  • Hardisk Drive (HDD)
  • Power Supply dan UPS

Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu

Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan : keyboard, mouse, touch screen, scanner, camera.

Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan : Monitor,  Printer, Speaker, Plotter.

 

b.     Software (perangkat lunak)

Software adalah program yang berisi perintah-perintah  untuk melakukan pengolahan data.

Ada beberapa jenis program komputer yang digolongkan dalam software, yaitu operating system, program aplikasi, dan driver hardware.

  • Operating System

Operating system atau biasa disebut dengan sistem operasi komputer adalah sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang ada pada sebuah komputer. Fungsi sistem operasi antara lain untuk manajemen disk dan file, manajemen prosesor, manajemen memory, kontrol tampilan dan suara, dan sebagainya.

  • Program Aplikasi

Program aplikasi atau biasa disebut dengan aplikasi, merupakan program yang berjalan pada sistem operasi, dan dibuat untuk membantu user mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan produktivitasnya.

Ada banyak sekali jenis aplikasi, di antaranya :

  • Aplikasi bisnis dan perkantoran.
  • Aplikasi untuk hiburan dan entertainment.
  •  Aplikasi untuk komunikasi.
  •  Aplikasi grafis dan multimedia.
  •  Aplikasi teknik (CAD/CAM).
  •  Aplikasi untuk utility dan anti virus.
  •  Aplikasi untuk pemrograman komputer.
  •  Aplikasi server.
  • Driver Hardware

Driver hardware atau lebih dikenal sebagai driver, adalah aplikasi yang dibuat untuk membuat hardware dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Driver dibuat oleh produsen pembuat hardware. Tanpa driver, sebuah hardware tidak dapat dikontrol dari PC.

2.    Jaringan Komunikasi

Jaringan komunikasi merupakan sebuah sistem yang mampu menghubungkan dan menggabungkan beberapa titik komunikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara satu dengan lainnya.

a.     Telepon

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan).

b.     ISDN

ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas.

c.      Faksimile

Faksimile adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.

d.     Fiber optic

Kabel Fiber optic  dibuat dari serabut-serabut kaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia. Kabel fiber optic mempunyai kecepatan pengiriman data sampai 10 kali lebih besar dari kabel coaxial.

e.     Leased Line

Leased line adalah saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik.

f.       Wireless

Wireless adalah adalah transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik.

3.    Jaringan Komunikasi dengan Satelit

Sistem komunikasi nirkabel yang menggunakan satelit sebagai perangkat utamanya yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya.

a.     Antenna

Antena adalah suatu perangkat yang digunakan untuk merambat gelombang radio atau elektromagnetik atau digunakan untuk menerima gelombang radio atau elektromagnetik.

b.     TV dan Radio

  • TV atau Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna.
  • Radio merupakan alat komunikasi yang tidak menggunakan kabel sebagai media perantara, tetapi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan suara.

c.      Seluler

Seluler adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless).

1.    Net Tools

Net Tools adalah seperangkat alat atau software yang digunakan pada jaringan local maupun internet.

a.     Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

b.     Client

Berbeda dengan server, client yang meminta layanan kepada server didalam sebuah jaringan.

c.     Router

Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menggabungkan 2 jaringan atau lebih menjadi satu, sehingga akan terintegrasi jaringan satu dengan yang lainnya.

d.     Modem

Modem atau modulator-demodulator adalah alat yang digunakan untuk merubah data dari bentuk digital ke bentuk analog.

III.     SUMBER

  1. Wikipedia Indonesia : http://id.wikipedia.org
  2. Modul Mata Kuliah Aplikasi Komputer
  3. Pengantar Komputer, Dr Jogiyanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s